05 April 2013

Model Protokol dan Referensi



Terdapat dua jenis dasar dari model jaringan: model protokol dan model referensi.

Suatu model referensi menyediakan referensi bersama untuk menjaga konsistensi di dalam semua jenis protokol dan layanan jaringan. Suatu model referensi tidak dimaksudkan untuk menjadi spesifikasi implementasi atau untuk menyediakan tingkat rincian yang memadai untuk menjelaskan dengan tepat layanan-layanan dari arsitektur jaringan. Tujuan utama dari model referensi adalah untuk membantu mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai berbagai fungsi dan proses yang ada.



Model Open Systems Interconnection (OSI) adalah model referensi internetwork yang paling terkenal. OSI digunakan untuk disain, spesifikasi operasi, dan troubleshooting jaringan data.

Meskipun model TCP/IP dan OSI adalah model utama ketika mendiskusikan fungsionalitas jaringan, disainer dari protokol jaringan, layanan, atau perangkat dapat membuat model mereka sendiri untuk mewakili produk mereka. Pada akhirnya, disainer perlu untuk berkomunikasi dengan industri dengan mengakitkan produk atau layanan mereka ke model OSI atau model TCP/IP, atau keduanya.

Mode TCP/IP
1. Network Access
Mengendalikan hardware perangkat dan media penyusu jaringan.
2. Internet
Menentukan jalur terbaik yang menuju suatu jaringan.
3. Transport
Mendukung komunikasi antar berbagai perangkat yang berbeda pada berbagai jaringan yang berbeda.
4. Application
Menyajikan data kepada pengguna ditambah enkoding dan kendali dialog.

Model OSI
1. Physical
Protokol pada layer physical mendeskripsikan tata cara mekanis, elektris, fungsional, dan prosedural untuk mengaktifkan, menjaga, dan menon-aktifkan koneksi fisik dan transmit bit ke dan dari suatu perangkat jaringan.
2. Data Link
Protokol pada layer data link mendeskripsikan metode untuk pertukaran frame data antar perangkat melalui media bersama.
3. Network
Layer pada network menyediakan layanan untuk pertukaran masing-masing potongan data melalui jaringan antar perangkat terakhir yang teridentifikasi.
4. Transport
Layer transport mendefinisikan layanan untuk segmentasi, pengirimian, dan penyusunan ulang data untuk masing-masing komunikasi antar perangkat akhir.
5. Session
Layer session menyediakan layanan kepada layer presentation untuk mengorganisasikan dialognya dan untuk mengelola pertukaran data.
6. Presentation
Presentation menyediakan layanan untuk representasi umum dari data yang dikirimkan antar layanan pada layer application.
7. Application
Application menyediakan jalan untuk koneksi ujung ke ujung antar pribadi dalam jaringan manusia yang menggunakan jaringan data.

Tidak ada komentar: